Selasa, 08 November 2011

Manfaat Jeruk Limau

JERUK limau tentu tidak asing lagi bagi Anda. Buah beraroma tajam ini kaya manfaat, mulai dari melawan penyakit, mengatasi kulit kering hingga meredakan gejala mabuk.

Redakan gejala mabuk
Kebanyakan minum? Cobalah meredakan pusing dan gejala mabuk lainnya dengan resep dari DeAnna Batdorff, seorang praktisi Aryuvedic di Sebastopol, Kalifornia, berikut:
Padukan dua sendok teh jus jeruk limau segar dan seperempat sendok teh gula. Tambahkan satu gelas air dan minum perlahan. Jadikan minuman pertama Anda di pagi hari. Limau, terang Batdorff, menyegarkan hati dan gula membantu menyeimbangkan kadar glukosa darah. Gula darah cenderung menurun setelah minum, sehingga membuat Anda sedikit merasa pusing.

Bersihkan noda
Asam sitrus dari limau bekerja cepat menghilangkan lemak-lemak dan kotoran. Gunakan limau untuk mengangkat noda makanan dalam microwave. Berikut tips dari Ellen Sandbeck, penulis Organic Housekeeping:

Masukkan tiga sendok makan jus limau ke dalam gelas berisi air dan panaskan hingga mendidih dalam microwave. Biarkan selama beberapa menit, angkat, dan bersihkan microwave dengan spons, selanjutnya lap sekali lagi dengan kain.

Cerahkan kulit
Cobalah angkat noda di kulit dengan scrub dari Keystone Resort di Keystone, Colorado. Caranya, campurkan tiga sendok makan minyak pijat jeruk, satu sendok makan madu, dan jus segar dari setengah jeruk limau, serta dua sendok makan garam laut dalam mangkuk. Selanjutnya, pijatkan campuran tersebut ke seluruh tubuh dengan gerakan melingkar, bersihkan dan keringkan. Kandungan vitamin C dari jus limau berfungsi meremajakan kulit, sedang kandungan asam di dalamnya beserta garam mengangkat sel-sel kulit mati.

Lawan penyakit
Tambahkan satu perasan jeruk limau ke dalam secangkir teh hijau. Kandungan vitamin C dalam jus, menurut studi dari Purdue University, akan memaksimalkan penyerapan kandungan catechin (antioksidan yang diyakini melawan penyakit jantung, stroke, dan kanker) dalam teh. (IK/OL-06)

http://www.mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar