Kamis, 10 November 2011

Sekitar 5% Perempuan Bandung Diperkirakan Idap Kanker

INILAH.COM, Bandung - Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Achyani Raksanagara mengatakan, sampai saat ini di Kota Bandung belum ada pendataan terkait jumlah penderita kanker . Hal itu terjadi karena di Indonesia, tidak ada sistem registrasi data berbagai penyakit.
"Kami tidak mengetahui jumlah penderita kanker yang ada di Bandung, tetapi hanya dapat berestimasi dari survey sekitar 5% dari penduduk di Kota Bandung yang berjenis kelamin perempuan menderita kanker," tutur Achayani kepada wartawan seusai menghadiri acara "Bulan Peduli Kanker Payudara" di Hotel Golden Flower, Jalan Asia Afrika Kota Bandung, Sabtu (29/10/2011).

Ia mengungkapkan, jika jumlah penduduk Kota Bandung mencapai 2,5 juta jiwa, sekitar 50% merupakan perempuan atau 1,25 juta jiwa. Dari 1,25 juta jiwa sekitar 5% atau 62.500 jiwa menderita kanker.

"Belum dapat tercatatnya jumlah penderita kanker tersebut, pertama masih belum ada pencatatan terpadu tentang hal itu, pengobatan pasien banyak dilakukan sendiri, faktor sosial budaya dari masyarakat yang masih takut dengan penyakit ini," imbuhnya.[ito]

http://www.inilahjabar.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar