Jumat, 23 Desember 2011

Sea Food

GEMERLAP lampu di sepanjang jalan menuju pintu masuk Muara Angke terlihat sangat indah. Temaram lampu milik pedagang ikan dan warna-warni payung mereka untuk melindungi dagangannya terlihat rapi.

Begitu banyak hasil tangkapan laut yang dapat dinikmati di tempat ini, ada berbagai macam ikan, cumi-cumi, udang, kerang, kepiting, dan sebagainya. Untuk para penggemar seafood, tempat ini sudah tidak asing lagi.

Sebuah tempat yang seringkali dikunjungi oleh segenap anggota keluarga untuk sekadar berjalan-jalan dan melakukan wisata kuliner. Muara Karang, terletak di daerah Utara Jakarta yang menyediakan berbagai macam seafood untuk para pecinta seafood.

Di sudut pusat jajan serba ikan terdapat tempat pelelangan ikan dan perkampungan nelayan. Sekitar tahun 1984-an tempat ini lebih dikenal sebagai pelabuhan bagi nelayan usai mencari ikan di laut dan tempat pelelangan ikan. Namun, dengan bertambahnya pengunjung yang datang tiap tahun, tempat ini dijadikan tempat pelelangan ikan sekaligus tempat berwisata, khususnya wisata kuliner.

Harga yang ditawarkan di tempat ini relatif murah, karena para pedagang langsung mendapat hasil tangkapan nelayan dari para pengecer, sehingga harga tidak terlampau jauh seperti di pasar atau swalayan.

Dengan harga yang relatif murah, para pengunjung masih bisa menawar harga yang sudah ada, kesegaran hidangan laut dan harga murah menjadi nilai lebih mengapa tempat ini masih begitu ramai dikunjungi malam hari.

Salah satu hasil tangkapan laut yang begitu banyak dibeli oleh para pengunjung adalah ikan. Ikan yang paling banyak diminati pembeli di sini ialah bawal, kue, gurame dan baronang.

Salah satu makanan dari hasil olahan ikan yang dapat dinikmati langsung oleh pengunjung adalah otak-otak. Kuliner favorit bagi pecinta ikan tenggiri ini disediakan di setiap kios sepanjang jalan. Harga per porsi yang ditawarkan pedagang cukup murah, yaitu Rp5000/10 pucuk.

Bagi para pengunjung yang ingin segera menikmati seafood yang sudah dibeli, dapat segera bertandang ke restoran-restoran jasa yang ada. Pasalnya, sebagian besar restoran yang ada di Muara Angke menyediakan jasa untuk memasak hasil tangkapan laut yang dibawa para pengunjung. Harga yang ditawarkan relatif mahal, tetapi ada juga yang menawarkan jasa dengan harga murah. (nsa)

http://www.okefood.com/read/2009/08/17/299/248702/299/serunya-menikmati-seafood-di-muara-angke

Tidak ada komentar:

Posting Komentar