Selasa, 18 Oktober 2011

Ayam Ketawa

Keuntungan Budidaya Ayam Ketawa
Update terakhir, 19 Oktober 2011


Beberapa tahun belakangan ini ayam ketawa menjadi pembicaraan orang banyak yang disebabkan karena keantikan dan keunikan si ayam, ayam yang bisa ketawa ini karena seperti orang yang persis seperti orang ketawa membawa hoki bagi pemiliknya, hoki karena memang ayam ketawa adalah ayam yang sangant banyak digemari orang dan masih sangat langka, yang tentunya jika dijual menghasilkan keuntungan yang menggiurkan.

Kenapa dinamakan ayam ketawa ? kalo ayam yang setiap harinya kita harapkan hasil telurnya dinamakan ayam petelur, ayam yang menghasilkan daging yang sangat tebal dan kita berusaha agar ayam tersebut bisa membuahkan daging yang sesuai dengan yang diharapkan dengan itu dinamakanlah ayam pedaging begitu pula dengan ayam ketawa karena bunyi dan suaranya ketika berkokok menyerupai dengan orang ketawa maka banyak orang yang memberikan nama dengan "ayam ketawa" karena memang aslinya ayam ini juga berasala dari Indonesia maka istilahnyapun dengan nama Indonesia.

Malah kalau kita baru mendengarnya suara ayam ketawa ini seperti burung perkutut, cuman lebih keras dan lebih sember saja, sedangkan burung perkutut lebih merdu.

Ayam Ketawa ini berasal dari daerah Sidrap, Sulawesi Selatan. Ayam ini perawakan, warna bulu serta karakternya hampir menyerupai ayam Indonesia pada umumnya . Ayam ketawa ini dahulu dipelihara oleh bangsawan bangsawan keraton Bugis. Ayam Ketawa ini menjadi klangenan di kalangan bangsawan bangsawan tersebut.

Ayam Ketawa ini di tempat asalnya di daerah Sidrap, Sulawesi Selatan sana sering dikonteskan seni suara ketawanya. Yang menarik dalam satu kali kontes pesertanya bisa mencapai 700 sampai 800 ekor ayam. Cara penjurian nya hampir sama dengan kontes lomba burung perkutut, tapi bedanya kontes ini tidak memakai kurungan, cuman batang bambu atau kayu yang dipasang sebagai tempat berdiri Ayam ketawa ini. Ayam Ketawa yang telah menang kontes harganya bisa mencapai Rp.50juta

Ayam ketawa ini saat ini termasuk ke dalam salah satu jenis unggas yang dilindungi. Jadi untuk mendapatkannya lumayan susah dan harganya pun kalo yang sudah pernah dikutsertakan dalam kontes bisa mencapai 10-an juta rupiah bahkan 100-an juta. Harga anakan yang baru berusia 3 bulan saja bisa mencapai 1 hingga 2 juta rupiah. Tapi karena belum banyak diternakkan, harganya bisa melambung Dikemudian hari jika ada peternak yang menternakannya niscaya akan mendapat keuntungan berlipat ganda karena sebetulnya cara mengembang biakkannya cukup mudah, karena Ayam Ketawa ini kareakternya tidak jauh berbeda dari ayam pada umumnya, perawatan nya relatif lebih gampang, makanannya juga cukup simpel, hanya diberi fur dan rajangan sawi hijau serta makanan tambahan lainnya.

sumber: infoternak.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar