Rabu, 19 Oktober 2011

Rumput Gajah Mini

Pelihara Rumput Gajah Mini
oleh : sawah-subur.blogspot.com


Rumput gajah adalah salah satu solusi untuk menjadikan halaman rumah baik halaman dan taman depan ataupun halaman belakang terlihat hijau dan segar, dan sekarang ada lagi pilihan dan rumput gajah menjadi rumput gajah mini. Sangat mudah sekali perawatan dan tata cara memelihara, namun demikian tetap harus selalu diperhatikan bagai mana cara dan merawat yang sesuai agar rumput selalu terlihat segara dan sehat.

1. Rumput harus selalu disiram, lebih-lebih ketika musim kemarau, dikarenakan rumput gajah tidak sekuat rumput elang ataupun rumput peking dimana ketika musim hujan sudah barang tentu akan tumbuh dengan cepat dan lebatnya dan pada musim kemaraupun rumput elang bisa bertahan hingga menjelang musim hujan.

2. Jika ada rumput liar (seperti rumput elang, rumput peking dan mungkin juga rumput ilalang) harus segera dicabut karena adanya rumput-rumput tersebut akan menggagu pertumbuhan dan mengurangi nutrisi yang seharusnya diserap olah rumput gajah sehingga mengakibatkan kurang suburnya rumput gajah.

3. Pemotongan secara berkala hendaknya routin dikerjakan untuk merangsang pertumbuhan daun dan tunas baru dengan cepat, karena secara otomatis ketika daun yang lebih pajang dipotong / digunting maka akan dengan mudah daun baru tumbuh, disisi lain ketika rumput gajah rajin dipotong maka akan kelihatan lebih hijau dari daun dan tunas yang baru tumbuh.

4. Rumput gajah juga termasuk rumput yang tahan pula terhadap musim kemarau dan musim hujan, sehingga tidak terlalu banyak resiko yang kita alami dalam memeliharanya.

Rumput gajah sangat cocot ditanam di sekitar kolam ikan, karena di kawasan kolam terdapat banyak sekali kandungan air sehingga secara tidak langsung ketika musim kemarau tiba tidak akan terlalu beresiko buat pertumbuhannya (by Syukur).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar