Senin, 10 Oktober 2011

Beberapa Olahan Tanaman Jagung

Yang Dimanfaatkan dari Tanaman Jagung
Oleh: www.sawah-subur.blogspot.com

Tanaman jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan sebagai salah satu bahan pokok sehari-hari di salah satu penduduk, sehingga di sana sangat dibudidayakan dan hingga menjadi tanaman bahan pokok yang secara otomatis adalah menjadi mata pencaharian penduduk setempat setiap harinya.

Beberapa masakan olahan jagung:

1. Makanan Pokok (untuk penduduk tertentu)

Jagung paling banyak kandungannya adalah karboidrat selain zat-zat yang lain seperti zat gula. Sehingga apabila difungsikan sebagai bahan pokok memang sudah semestinya, karena dengan karboidrat dan zat gula orang akan merasakan nyaman dan kembali pulih kondisi fisik kita setelah selesai melakukan aktifitas.


2. Makanan Selingan

Di beberapa tempat yang lain, jagung banyak dibudidayakan untuk sekedar dijadikan sebagai makanan selingan yaitu untuk di rebus atau dibakar, apalagi dalam kondisi udara dingin teraza lezat dan enak jika menikmati hangatnya jagung bakar yang ditaburi dengan saus cabe dan mentega. Begitu pula jagung rebus yang sudah di preteli, terus dibumbui dengan keju akan menambah selera makan dan raza yang tidak kalah nimmatnya bila dibandingkan dengan makanan-makanan ala hotel berbintang.

3. Pelengkap Sayuran

Di tempat yang lain, jagung banyak dimanfaatkan sebagai sayuran seperti untuk campuran pembuatan capcay, sayur asam, sop dan lain-lainnya. Caranya yaitu ketika jagung baru mulai tumbuh (putren : jawa) karena ketika masih seumuran itu jagung masih bisa dimakan plus dengan janggalnya.

4. Lain-lain

Namun ada pula di beberapa tempat yang lain, jagung hanya dimanfaatkan sebagai pakan ternak, seperti sapi, kambing, dan lain-lain, walaupun demikian pada dasarnya pada kondisi di poin-poin di atas pun ketika usia pohon jagung sudah mulai berumur sekitas 2 – 2.5 bulan dapat dimanfaatkan daunnya untuk dajadikan sebagai makanan ternak sampai akhirnya jagung selesai dipanen.

Itulah sedikit penjelasan tentang jagung dan manfaatnya. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar