Kamis, 05 April 2012

Siap Gelar Ujian Nasional

JAKARTA - Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengaku siap mengadakan Ujian Nasional (UN) yang akan dimulai pada 16 April mendatang. Saat ini, persiapan sudah sampai tahap akhir, yakni mencetak soal.

"Persiapan teknis sudah sangat siap, jadi kami harap ada peningkatan kualitas proses maupun hasil dari penyelenggaraan ujian nasional 2012," kata Wakil Kepala Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta, Agus Suardika di Komplek Balaikota, Jakarta, Kamis (5/4/2012).

Agus memaparkan, soal dicetak di Kudus, Jawa Tengah. Pemerintah pusat memutuskan untuk mencetak soal ujian di Kudus sudah sesuai dengan mekanisme lelang yang dilakukan. Sementara, untuk pendistrubusian soal kewenangannya tetap ada pada rayon.

"Mudah-mudahan tidak ada kendala. Tanggal 14 April mudah-mudahan soal sudah tiba di Jakarta," cetusnya.

Agus juga menjelaskan, mekanisme pendistribusian soal dengan cara perguruan tinggi yang ditunjuk bersama sekolah yang akan mengambil. Ini untuk memberikan jaminan keamanan soal agar tidak terjadi kebocoran.

"Rayon sudah siap termasuk koordinasi dengan instansi terkait mengenai keamanan soal dan pengawas ujian," jelasnya.

Dia meyakini, tidak akan ada lagi kebocoran soal pada UN tahun ini. Jika memang ada laporan masyarakat mengenai dugaan itu, pihaknya akan menerima dengan tangan terbuka untuk selanjutnya ditelusuri.

Dengan persiapan yang baik, dia berharap persentase tingkat kelulusan tinggi. Bahkan, Agus menargetkan, siswa SD lulus 100 persen. "SMP dan SMA kami harap bisa optimal 99,9 persen. Tetap saja, mungkin ada yang tidak lulus tapi itu memang karena kemampuan siswa yang sangat terbatas," pungkasnya.(rfa)


http://kampus.okezone.com/read/2012/04/05/373/606421/jakarta-siap-gelar-ujian-nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar