Senin, 02 April 2012

Woh ! Museum Titanic Terbesar di Dunia Telah Dibuka !

Bertepatan dengan 100 tahun tragedi tenggelamnya Kapal Titanic, sebuah museum bertema Titanic siap dibuka di Belfast, Irlandia. Museum 6 lantai ini akan mengajak Anda masuk ke dalam kemegahan kapal Titanic.

Masih ingat dengan film tenggelamnya Titanic yang menceritakan kisah nyata tenggelamnya kapal ini? Kini, Anda bisa melihat langsung seperti apa kapal mewah tersebut, lewat Museum Titanic yang berlokasi di Belfast, Irlandia.

Pada Sabtu, 31 Maret 2012 lalu, Museum Titanic ini resmi dibuka. Museum ini dibuat untuk memeringati 100 tahun tenggelamnya Kapal Titanic. Bangunan megah berwarna perak ini diberi nama Museum Titanic Belfast.

Pengunjung yang datang ke museum ini bisa menonton film mengenai tragedi tabrakan Kapal Titanic dengan gunung es saat melintasi Samudera Atlantik dari Southampton ke New York. Efek film yang diberikan juga khusus lengkap dengan layar interaktif, Anda dibawa seolah-olah berada di dalam kapal, seperti yang ditulis smh.com.au pada Senin (2/4/2012).

Pembukaan Museum Titanic Belfast ini disambut meriah oleh warga seluruh dunia. Ini terbukti dari terjualnya 100 tiket pembukaan museum pada Sabtu 31 Maret 2012 lalu.

Pengunjung yang datang bisa masuk ke dalam museum dan naik ke 6 lantainya. Anda bisa melihat ruang penjamuan yang berisi replika tangga di dalam Kapal Titanic.

Biaya yang dihabiskan untuk membangun museum megah ini sangat besar. Pihak penyelanggara telah menghabiskan uang hingga US$ 149 juta atau senilai Rp 1,4 triliun. Oleh karena itu, lewat museum megah 6 lantai ini, penyelenggara berharap bisa menarik 450.000 orang pengunjung pada tahun pertamanya. Turis dari Asia pun menjadi salah satu target utamanya.

"Kami ingin mengajak orang untuk datang ke Irlandia Utara, bukan hanya untuk melihat apa yang telah dibuat generasi 100 tahun lalu, tetapi juga hasil yang telah dibuat oleh generasi masa kini," kata Menteri Irlandia Utara, Peter Robinson dalam situs smh.com.au.

Yang menarik, dalam pembukaan museum, seseorang yang menjadi saksi sejarah peluncuran Kapal Titanic 100 tahun lalu ikut menghadiri pembukaan pada Sabtu lalu. Cyril Quigley yang kini berusia 105 tahun dulu ikut menyaksikan peluncuran perdana Kapal Titanic.

Quigley mengatakan saat ia menyaksikan peluncuran Titanic, usianya masih 4,5 tahun. Satu kata yang ia ucapkan saat itu adalah "indah". Sekarang, ia juga menghadiri peresmian museum kapal yang 100 tahun dihadirinya saat peluncuran.

Peristiwa tenggelamnya Titanic terjadi pada 15 April 1912, saat kapal itu melintasi Samudera Atlantik. Tabrakan kapal dengan gunung es ini menewaskan 1514 orang dari total penumpang 2224 orang.

http://travel.detik.com/read/2012/04/02/134355/1882811/1025/telah-dibuka-museum-titanic-terbesar-di-dunia?vt22011024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar