Rabu, 22 Februari 2012

Seberapa Pentingkah Sarapan Pagi bagi Karyawan atau Pekerja Kantoran ?

Bagi sebagian kalangan terkadang tidak terlalu mementingkan yang namanya sarapan, terlebih bagi yang terlalu sibuk terutama bagi yang kondisinya sangat tidak memungkinkan, seperti karyawan perkantoran yang harus berangkat pagi-pagi dengan kondisi ekonomi yang pas-pasan sehingga tidak sempat sarapan terlebih dahulu, namun bagi orang tertentu yang kebetgulan diberikan kesempatan waktu yang lebih banyak dan dengan kondisi keuangan yang lebih, ada mobil lengkap dengan sopirnya, ada pembantu, dan berbagai fasilitas lainnya yang sangat-sangat mendukung, maka bagi mereka seharusnya akan sangat mementingkan yang namanya sarapan pagi, apalagi tinggal duduk santai ada yang nyopirin….

Sarapan merupakan makanan yang dimakan ketika pagi hari sebelum beraktivitas. Dibanding waktu makan yang lain, makan pagi memiliki posisi yanglebih penting. Banyak orang yang sering melewatkan sarapan karena berbagaialasan. Sarapan bukan hanya sekedar untuk pengganjal perut, tapi juga untuk memberikan energi agar dapat beraktivitas dengan baik, meningkatkan konsentrasi otak, dan tidak mudah mengantuk.Tanpa disadari selama tidur tubuh telah berpuasa sepanjang malam. Ini berarti selama beberapa saat tubuh tidak menerima asupan gizi darimanapun.Walaupun sedang tidur, dalam tubuh kita tetap berlangsung proses pembakaranyang mempengaruhi kadar glukosa dalam darah, sehingga pada waktu bangun pagi, kadar glukosa darah sudah berada pada batas minimal (hypoglicaemia)

Ini terbukti dengan timbulnya rasa lapar pada waktu pagi, dengan demikian, seseorang tidak akan memiliki simpanan energi atau tenaga dalam tubuh. Sehingga akan berpengaruh pada kemampuan otak, mengakibatkan tubuh terasa lemah, mengakibatkan kadar gula menjadi rendah, dan mungkin masih banyak efek yang lain. Pada dasarnya tingkat pendidikan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pengetahuan mereka tentang sarapan. Responden dengan latar belakang tingkat pendidikan yang tinggi akan berdampak pula pada pengetahuan yang tinggi, sehingga akan lebih kritis dalam menganalisa informasi mengenai kebutuhan gizi manusia terutama peran sarapan pagi.

Dapat diketahui alasan mengapa seseorang tidak makan pagi, diantaranya :

1. dikejar waktu, mungkin takut terlambat masuk kerja, sekolah ataupun kuliah bagi siswa atau mahasiswa.

2. Tidak sempat menyiapkan makanan untuk sarapan, hal ini terjadi pada karyawan yang tinggal bukan bersama atau tidak serumah dengan keluarga, seperti karyawan yang ngekost.

3. Sarana untuk diet, mengurangi masuknya makanan di pagi hari. Padahal sebenarnya kita tahu bahwa tanpa sarapan, metabolisme tubuh dan pembakaran lemak dalam tubuh akan menurun sehingga nafsu makan siang akan meningkat (http://kumpulan.info/sehat.html). Sementara banyak manfaat dari sarapan yang mungkin masih belum diketahuioleh sebagian orang.

Beberapa manfaat dari sarapan:

1. Memberi kekuatan metabolisme setelah sepanjang malam

2. Berguna untuk penurunan berat badan apabila seseorang rutin sarapan pagi, maka porsi makan pada waktu makan selanjutnya akan berkurang. Sarapan makanan sehat akan meningkatkan kemampuan pembakaran lemak dalam tubuh. Selain itu,sarapan juga dapat meningkatkan tingkat energi sebagaimana metabolisme sepanjang hari (http://fibri.wordpress.com)

3. Menambah esensial nutrisi dan tingkat keseluruhan energi sarapan memberi asupan total nutrisi untuk sepanjang hari dan menawarkan kesempatan untuk mengkonsumsi makanan yang penuh nutrisi seperti zat besi, vitamin dan serat(http://www.indonesiaindonesia.com).

4. Meningkatkan konsentrasi dengan sarapan maka otak akan dapat bekerja secara maksimal, sehingga berpengaruh pada kemampuan berpikir dan mempertajam ingatan.

5. Menghindari pola makan yang tak terkontrol sarapan mampu mengurangi rasa lapar yang berlebih pada siang hari, sehingga dapat mengurangi kebiasaan ngemil dan membuat pola makan dalam sehari lebih terkontrol. Apalagi seorang ilmuwan mengatakan bahwa sarapan pagi merupakan makanan khusus untuk otak, hal ini didukung dari sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa sarapan berhubungan erat dengan kecerdasan mental, dalam artian, sarapan memberikan nilai positif tarhadap aktivitas otak, otak menjadilebih cerdas, peka dan lebih mudah untuk berkonsentrasi (http://kapanlagi.com).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar