Rabu, 29 Februari 2012

"Dhana Widyatmika Diduga Terlibat Korupsi Berbau Pencucian Uang" kata Jaksa Agung

Jakarta - Kejaksaan Agung (Kejagung) menegaskan mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Dhana Widyatmika diduga terlibat kasus tindak pidana korupsi. Tidak hanya itu, Dhana Widyatmika juga diduga terlibat kasus pencucian uang alias money laundering.

Demikian disampaikan Jaksa Agung Basrief Arief ketika ditemui di Kantornya, Jalan Hassanudin, Jakarta, Rabu (29/2/2012).

"Ini korupsi ada bau-bau Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Nah di sinilah yang tidak bisa disebutkan. Berikan kesempatan pada kita," ungkapnya.

Ia menjelaskan yang tidak bisa disebutkan adalah terkait dengan transaksi perbankan yang dilakukan Dhana Widyatmika. Pasalnya, segala transaksi perbankan bersifat rahasia karena terbentur dengan UU Perbankan.

"Kita tidak akan menyampaikan ke publik karena berbahaya. Siapa saja menyampaikan yang menyebarkan informasi perbankan itu bisa dipidana," tuturnya.

"Kita betul betul sangat rahasia, sekretaris saya saja tidak bisa membuka setelah saya baca, saya kunci, saya tutup. Kemana saya disposisi penerima posisi itulah yang bisa menelusuri," ungkap Arief.

Lebih jauh Arief mengatakan adapun pasal yang masih sementara akan dikenakan kepada Dhana Widyatmika yakni penyuapan. Namun, Arief mengatakan siapa penyuapnya dan modus penyuapan seperti apa akan tergantung dari hasil penyidikan.

"Semua tergantung hasil penyidikan apakah ada tindak pidana lain," tegas Arief.

Arief juga mengatakan, sang istri Dhana Widyatmika yaitu Dian Anggraeni saat ini masih belum ditetapkan status hukumnya.

"Dalam kaitan ini kenapa DW yang dilakukan yang lain tidak saya kira tidak begitu. Karena semua akan diungkap. Ada beberapa kasus yang sudah diungkap oleh kita. Terkait istri tersangka belum ada status baru kita dalami dulu," tutup Arief.
Saat ditemui detikFinance pada Jumat (24/2/2012) malam lalu, Dhana membantah soal isu pencucian uang dan juga soal rekening gendut miliknya. Kasus yang membuat Dhana terkejut ini juga tidak melibatkan istrinya. Sayang, Dhana tidak mau bicara banyak. Hingga saat ini, Dhana juga belum bersedia memberi keterangan detil.

Berikut tanggapan Dhana seperti disampaikan kepada detikFinance Jumat lalu:

"Kasus ini tidak berhubungan sama sekali dengan istri saya, melainkan murni permasalahan pribadi saya terkait dengan transaksi dalam rekening saya yang dinilai tidak sesuai dengan exposure gaji saya sebagai PNS.

Saya sungguh kaget kesimpangsiuran berita yang beredar saat ini apalagi mengaitkan dengan institusi DJP (Ditjen Pajak) di mana kebetulan istri saya bertugas. Sangat tidak relevan masalah ini dikaitkan dengan kasus Gayus Tambunan.

Mengenai rekening/transaksi yang saya miliki dapat dijelaskan dengan usaha yang saya miliki tetapi tidak dengan nilai fantastis seperti yang beredar. Apalagi terkait rekening isteri saya yang hanya berisi gaji."

http://finance.detik.com/read/2012/02/29/131513/1854492/4/jaksa-agung-dhana-widyatmika-diduga-terlibat-korupsi-berbau-pencucian-uang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar