Senin, 27 Februari 2012

Tanaman Buah untuk Halaman Rumah, Selain Manfaat Teduhnya juga Manfaat Buahnya

Ada sebagain orang yang sangat memikirkan kebutuhan sekitaran rumah yang ditempatinya dan hal seperti itu memang sudah seharusnya dikarenakan rumah akan terkesan panas dan gersang apabila di kawasan sekitar rumah tidak ada tanaman hijaunya apalagi untuk tanaman yang berlokasi di pinggir jalan.

Ada sedikit tips dan saran untuk mengisi atau memberikan halaman rumah agar terlihat hijau, sejuk dan nyaman dengan tanaman yang rindang dan menghasilkan, dengan tanaman tersebut disamping bisa memberikan kesan sejuk, hijau namun bisa juga diambil manfaat dari hasil buahnya.

Beberapa tanaman sekaligus tanaman buah yang cocok untuk di tanam di halaman rumah:

1. Pohon jambu Air
Pohon jambu air disamping memberikan kesejukan namun ada manfaat yang lain yaitu bisa menghasilkan buahnya yang bisa dimanfaatkan untuk contohnya: membuat rujak, asina dan lain sebagainya.

2. Pohon Duku
Sangat sedikit sekali pohon duku yang ditanam di depan rumah, namun bagi sebagian orang ada juga yang masih memiliki pohon yang satu ini, karena seperti alas an diatas tadi pohon ini walaupun berbuahya lama namun akan memberikan warna tersediri ketika sedang berbuah.



3. Pohon Mangga
Disarankan dalam menanam pohon mangga ini menggunakan mangga yang berkualitas artinya mangga yang masa tanamnya dalam jangka waktu 3-4 tahun dari bibit sudah berbuah, namun terkadang ada pula mangga yang sampai berusia bertahun-tahun tidak kunjuang buah, maka pohon ini hanya membawa satu manfaat yaitu hanya merindangkan halaman saja namun tidak menghasilkan buah.

4. Pohon Rambutan
Begitu pula pohon rambutan hendaknya menanam pohon rambutan selayaknya memilih dengan kualitas pohon yang tidak perlu berusia lama, cukup 2-3 tahun sudah menghasilkan buah.

5. Pohon Jambu Biji
Adapun pohon jambu biji, apalagi yang biji merah sangat banyak sekali membawa manfaat, yang pertama manfaatnya sudah pasti karena niatnya untuk memberikan kesejukan pada halaman rumah sudah tentu memberikan kesejukan, yang kedua hasil dari buahnya selain hanya sekedar diambil buah untuk misalkan rujak, juzz namun ada yang labih membawa manfaat lagi yaitu sebagai obat karena jus jambu merah sangat bermanfaat untuk kesehatan kita diantaranya dapat membantu meredakan penyakit diare. Demikian pula dengan daun mudanya yang dapat bermanfaat untuk kesehatan.

Dan masih banyak pohon-pohon buah yang lain yang bermanfaat selain hanya sekedar untuk memberikan kesejukan halaman rumah namun bermanfaat pula untuk hal-hal yang lain seperti untuk dimakan dan juga untuk kesehatan, seperti;

6. Pohon Delima
7. Pohon mengkudu
8. Pohon Srikaya
9. Dan lain-lain

Semoga bermanfaat (www.sawah-subur.blogspot.com)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar